Minggu, 29 Oktober 2017

Cara Mudah Menyetel Pompa Injeksi Mobil

cara setel injector mobil

       Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah mesin mobil agar lebih bertenaga dan salah satunya adalah dengan menyetel pompa injeksi atau injection pump. Nah, tidak perlu berlama-lama, inilah cara untuk menyetel injection pump untuk menaikkan tenaga mesin diesel yang bisa Anda coba.


Ketika proses pembakaran (timing)

Injection pump atau pompa injeksi memang memiliki peran untuk menembakkan bahan bakar kendaraan sesaat sebelum TMA atau titik mati atas kompresi. Untuk menyetel pompa injeksi agar mesin lebih bertenaga dapat Anda lakukan dengan mencoba memajukan proses pembakaran tersebut agar sama dengan waktu TMA. Hal ini dapat membuat pembakaran jauh akan lebih matang. Saat dimajukan, suara akan menjadi lebih kering, tapi jika sudah dimajukan dan suara mesin justru menjadi lebih kasar, maka tandanya pembakaran terlalu maju. Apabila Anda salah dalam melakukan proses ini tentu akan berdapak pada mesin yang akan memanas atau overheating serta membuat umur mesin lebih singkat, untuk itu perhatikan bahwa Anda melakukan proses ini dengan tepat.


Menambah RPM

Cara menambah tenaga mesin diesel berikutnya ialah dengan cara memodifikasi bagian RPM. RPM bisa ditambah agar nanti mesin dapat berputar lebih kencang karena terdapat tambahan tekanan pada governor-nya sehingga pompa injeksi dapat membuat mesin berputar lebih kencang. Hal ini dapat membuat mesin dapat bernafas lebih panjang sehingga mudah menaikkan tenaga. Namun terdapat beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika menambahkan RPM mobil ini, dimana Anda tidak boleh terlalu banyak menambahkan karena dapat berakibat fatal seperti kruk as yang kemungkinan patah, lagipula tak semua pompa injeksi mempunyai setelan RPM ini.


Menyetel Minyak

Mungkin salah satu dari Anda pernah mendengar atau mengetahui tentang teori bahwa makin boros minyak yang dikeluarkan, justru akan membuat mesin semakin bertenaga. Hal itu memang benar, namun jika terlalu boros maka dapat berakibat buruk. Mengapa demikian? sebab jika terlalu banyak menambah minyak, justru dapat membuat mesin menjadi kurang bertenaga karena komposisi udara dengan bahan bakar menjadi tidak sesuai. Untuk itu, penting bagi Anda untuk berhati-hati dalam menyetel minyak agar tidak terlalu boros.


Menyetel Ulang Nosel

Injeksi bahan bakar memiliki komponen penting yakni nosel, penyetelan ulang bagian ini tentu dapat Anda lakukan. Selain itu, penting bagi Anda untuk memeriksa serta merawat nosel secara teratur, terutama karena nosel memiliki lubang yang cukup kecil sehingga bisa terjadi kebuntuan yang disebabkan oleh kotoran ataupun kerak yang terbawa dari bahan bakar.
Anda dapat mencoba cara menyetel injection pump untuk menaikkan tenaga mesin di atas. Namun untuk poin nomor 3 Anda busa menjadikannya pilihan terakhir saja. Karena semakin bertenaga maka otomatis bahan bakar yang dikonsumsi juga akan menjadi lebih kecil dari sebelumnya, karena seperti saat sebelum di tune-up, untuk mendapatkan tenaga yang sama Anda tak perlu lagi menekan gas sama dalamnya.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon