Selasa, 24 Oktober 2017

CARA MEMBUAT FLARING DAN SWAGING PADA PIPA AC


Flaring


 Pada artikel kali ini Kami akan menjelaskan cara membuat Flaring dan Swaging dengan benar
.
1.Cara Membuat Flaring Pada Pipa Refrigerant AC

A. Alat yang di gunakan
   - Alat Pemotong Pipa ( tubing cutter )
   - Flaring Tool ( Alat pengembang pipa )

B. Langkah-langkah membuat Flaring

    1. Langkah awal yang harus di lakukan sebelum mengembangkan ujung pipa yaiutu dengan memotong pipa dengan tubing cutter. Masukan pipa di antara Rollel dan Cutting whell. Tightening knob berfungsi untuk menyuesuaikan dengan diameter pipa yang akan di potong.

    2. Bersihkan ujung pipa yang sudah di potong dengan menggunakan RAEMER

    3. Bengkokkan pipa dengan menggunakan bender.
 
    4. Kembangkan ujung pipa dengan flaring tool untuk dapat di sambung dengan sambungan berulir          ( flaring fitting ).
 
    5. Kendurkan mur yang berbentuk kupu-kupu serta membuka blok penjepit agar pipa yang akan di          flaring dapat masuk,dan selanjutnya jepit pipa yang akan di flaring pada blok penjepit dengan              ukuran ketinggian 3 mm di atas permukaan blok enjepit dan kencangkan mur kupu-kupu

    6. Letakan mata flaring tepat di tengah diameter pipa, dan putar tangkai penekan searah jarum jam secara lahan perlahan sampai pipa melebar dan kemiringan pipa sampai menyentuh blog pnjepit.


2. Cara Membuat Swaging pada pipa refigerant AC.

A. Alat yang digunakan
   - Pemotong pipa ( tubing cutter )
   - swaging tool ( pembesar pipa )

B. Langkah-langkah membuat Swaging

    1. Langkah awal yang harus di lakukan sebelum membesarkan ujung pipa yaitu dengan memotong pipa pada tubbing cutter sesuai panjang yang akan di bentuk. Caranya adalah dengan memasukan pipa ke rollel dan cutting whel. Tightening knob berfungsi untuk menyesuaikan ukuran dengan diameter pipa yang di potong.

    2. Bersihkan ujung pipa yang sudah di potong dengan menggunakan Raemer.

    3. Bengkokkan pipa dengan menggunakan tube bender.

    4. Memperbesar ujung pipa dengan swaging tool, ini bertujuan untuk menyambungkan 2 buah                pipa yang mempunyai diameter yang sama dengan menggunakan Las perak ataupun Las                      tembaga.
        Swaging tool yang biasa di pakai sebagai swaging tool dengan cara mengganti flaring cone                  dengan swaging.

    5. Kendurkan mur yang berbentuk kupu-kupu serta membuka blok penjepit agar pipa yang akan              di          flaring dapat masuk,dan selanjutnya jepit pipa yang akan di flaring pada blok penjepit             dengan              ukuran ketinggian 3 mm di atas permukaan blok enjepit dan kencangkan mur               kupu-kupu

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon