Minggu, 24 September 2017

Tutorial Cara Mudah Ganti Kabel Stik PS

Cara Mudah Ganti Kabel Stik PS2.
STIK PLAYSTATION Cara Mudah Ganti Kabel Stik PS2 X-Boto Game 25/09/2017
Kenapa saya bilang itu adalah cara mudah? Saat ganti kabel stik PS2, kita cuma menyamakan warna kabel saja, baik yang akan diganti atau kabel penggantinya.
Yang penting, saat memasang jangan kebalik yang menyebabkan IC stik mati akibat konslet.
Ada 2 tipe kabel stik, yaitu kabel dengan soket dan kabel tanpa soket. Kabel dengan soket biasanya dipasang pada stik ori pabrik (OP) atau ori mesin (OM).

Sedangkan kabel yang tanpa soket biasanya terdapat pada stik TW. Namun, baik kabel stik TW atau ori bisa dioplos atau bisa dipasang untuk tipe2 kabel stik PS2. Intinya seperti diatas, samakan warna kabel.
Cara ganti kabel stik PS2 yang pakai soket.

Kabel stik yang pake soket ada 2 jenis, yaitu kabel stik ori pabrik dan kabel stik ori mesin. Susunan dari ke 2 jenis kabel pake soket masing-masing berbeda. Soket kabel OM lebih panjang daripada OP.

Biasanya, kabel OM  ada 9 titik sedangkan OP hanya 8 titik.

Ada beberapa perbedaan warna dari ke dua nya.

– Warna kabel stik OP : merah, coklat, orange, kuning, hitam, biru, hijau dan putih abu-abu
– Warna kabel stik OM : ungu, putih abu-abu, merah, hitam, hijau, coklat, orange, kuning dan biru.
Perhatikan untuk kabel stik OM, ground warna hitam adalah sama dengan kabel putih abu-abu. Jadi, ketika Anda hendak mengoplos kabel stik OM ke OP, harus memperhatikan warna tersebut. 
Analog Stick PS



Sebaiknya, gunakan multitester untuk mengecek, karena kabel ground untuk stik ori mesin itu ada 2, yaitu putih abu-abu dan hitam.

Saya kasih contoh, saya punya stik OP kabelnya putus. Saya akan mengganti kabel putus tersebut dengan kabel OM. Karena beda letak tiap pin kabel maka saya akan menentukan lebih dulu 2 kabel ground tersebut dengan bantuan Avometer.

Catatan, panjang soket kabel OP lebih pendek dari soket kabel stik OM, Jadi. saya tidak menggunakan soket kabel OM secara langsung. Saya harus memakai soket lawas, yaitu soket OP.

Untuk menggantinya, saya harus melepas kabel dari soket stik OM dan mengoplosnya dengan soket OP. Caranya, congkel kancing pada soket dengan pinset, lalu kabel tarik keluar. Pasang kabel stik ori mesin ke soket ori pabrik sebelum disolder ke PCB stik

– Kabel stik ori pabrik warna merah, diganti dengan kabel stik ori mesin warna merah.
– Kabel stik OP coklat diganti dengan kabel OM warna coklat
– Kabel OP orange diganti dengan OM orange
– Kabel OP kuning diganti dengan OM kuning
– Kabel OP hitam saya ganti dengan OM hitam
– Kabel OP biru ganti dengan OM biru
– Kabel OP hijau diganti dengan OM hijau
– Kabel OP putih abu-abu diganti dengan kabel warna ungu stik OM.

Jadi, sekarang tinggal 1 yang belum terpasang, yaitu kabel ori mesin warna putih abu-abu. Karena kabel ini adalah ground, supaya tidak bermasalah maka saya potong saja karena sudah tidak fungsi lagi. Kemudian terakhir, setelah kabel terpasang semua, solder ke PCB stik. Sampai tahap ini kita sudah selesai mengganti kabel stik PS2 yang putus tengah.

Bagaimana jika kita akan mengoplos kabel stik ori pabrik yang akan dipasang ke kabel ori mesin? Intinya sama, Anda harus menggunakan soket bawaan stik, yaitu soket ori mesin. Cara memasang dan mengganti sama persis dengan cara diatas. Tinggal dibalik saja letak kabelnya.
Cara ganti kabel stik PS2 tanpa soket.

Mengganti kabel stik PS2 tipe ini lebih gampang lagi. Kabel stik tanpa soket biasanya dipakai di stik PS2 TW, atau papan PCB, sehingga dikenal dengan sebutan stik papan. Kelemahannya, kabel stik tipe papan ini mudah putus tengah dan harus sering ganti.

Umumnya, pada papan kabel stik tipe TW sudah ada titik kodenya untuk setiap warna kabel. Tipe kode stik PS2 ini sama persis dengan kode di stik PC. Jadi, kita tidak bingung ketika akan mengganti kabel karena sudah diketahui rumusnya.

Berikut adalah kode-kode untuk warna kabelnya

– 7.5 volt, yaitu untuk kabel warna putih abu-abu, atau putih saja – arus sebenarnya adalah 8 volt dari mesin PS.
– GND, adalah kode ground untuk kabel warna hitam
– VCC, kode kabel warna merah
– D1, kode kabel warna coklat
– D0, adalah kode kabel warna orange
– CS, kode kabel stik PS2 warna kuning
– CLK, kode kabel warna biru
– ACK, adalah kode kabel warna hijau

Setelah mengetahui rumus ganti kabel tersebut, akan memudahkan kita setiap akan mengganti kabel stik PS2 yang error, atau putus tengah.

Namun, ada beberapa tipe stik yang tidak diberi tanda/kode sehingga kita harus menyamakan warna kabel secara langsung. Rumusnya, cabut langsung ganti.

Sebagai contoh, cabut warna kabel merah yang akan diganti, lalu ganti langsung dengan kabel warna merah pengganti. Begitu seterusnya hingga selesai.

Saran saya, jangan pernah memotong ketika kabel stik error. Ini dua kali kerja karena kita tidak tahu titik kabel mana yang putus. Lebih baik mengganti dengan kabel baru, ini lebih awet.

Kadang, kabel stik error belum tentu disebabkan putus tengah, tetapi serabut kabel hangus juga bisa menyebabkan arus putus nyambung.

Apakah kabel tanpa soket ( kabel TW) bisa dipasang di kabel stik PS2 ori?. Dan apakah kabel ori bisa dipasang di stik kabel TW? Bisa, semua bisa digunakan. Asal, Anda mengetahui tata letak, warna dan kode-kode tiap kabel. Caranya? Sama seperti artikel di atas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon